Home  /  Tentang Seabuckthorn  / Peranan Seabuckthorn di Tibet dan Mongolia

Peranan Seabuckthorn di Tibet dan Mongolia


Peranan Seabuckthorn di Tibet dan Mongolia

Seabuckthorn memiliki reputasi yang baik sebagai obat dalam ilmu pengobatan di Tibet dan Mongolia, karena
dianggap sebagai obat mujarab yang bisa digunakan untuk semua penyakit, mereka memanfaatkan seluruh bagian dari seabuckthorn, menggunakannya untuk membuat jus seabuckthorn, bubuk seabuckthorn, minyak biji seabuckthorn, dan produk lainnya. Minyak biji seabuckthorn memiliki efek yang sangat baik sebagai obat. Dalam pengobatan tradisional di Yunani, Roma, China, Tibet, Mongolia dan kelompok etnis lain, seabuckthorn digunakan untuk mengobati ginjal, penyakit jantung, penyakit sendi, penyakit pencernaan, dan penyakit lainnya. Warga Siberia menganggap buah seabuckthorn sebagai obat untuk pencegahan dan pengobatan diare serta masalah pencernaan lainnya. Menurut catatan medis yang populer di Mongolia, buah dan biji seabuckthorn rebus dapat digunakan untuk mengontrol penyakit, seabuckthorn juga digunakan bersama-sama dengan obat lain untuk menyembuhkan berbagai penyakit kronis pada sistem pencernaan.

Seabuckthorn awalnya berasal dari garis pantai Mediterania kuno, di kawasan Himalaya yang dikelilingi oleh air yang mengalir dan burung yang beterbangan di seluruh Eurasia. Di China, daerah distribusi seabuckthorn sudah mencapai sekitar 1 juta hektar. Dalam beberapa tahun terakhir, untuk mencegah erosi tanah dan melindungi lingkungan ekologi, seabuckthorn telah direkomendasikan sebagai spesies pionir dalam pembangunan ekologi di bagian barat China, dengan peningkatan tahunan sebesar 100 hektar, China telah menjadi negara dengan penanaman seabuckhorn nomor satu di dunia.

Menurut survei, satu hektar hutan seabuckthorn mampu menampung 44 ton air hujan, dapat mengurangi hilangnya 75% dari air permukaan, sehingga penanaman seabuckthorn sama dengan memberikan lapisan pelindung pada tanah, agar dapat menampung air. Seabuckthorn adalah bagian dari tanaman Elaeagnaceae, nodul tunggal, satu hektar hutan seabuckthorn dapat menghasilkan 12 kg nitrogen melalui nodulnya, setara dengan 25 pon urea, fiksasi nitrogen nya dua kali lipat lebih kuat dari tanaman kedelai. Pembuatan hutan seabuckthorn juga mudah, tingkat kelangsungan hidup tinggi, dan karakteristik tanamannya juga kuat, waktu budidaya nya hanya 3 tahun, pada tahun ke empat sudah menjadi hutan. tahan kekeringan dan terhadap suhu tanah 60 derajat, tingkat perkembangan akar lateral hingga 50 meter, akarnya mengikat kurang lebih 1,5 m di bawah tanah karena itu dapat mencegah banjir. Mampu bertahan dalam suhu dingin di Siberia yang mencapai -50º, kemudian seabuckthorn juga bisa ditanam pada musim dingin, penduduk setempat menyebutnya sebagai tanaman ajaib.

Kriteria tanah untuk penanaman seabuckthorn tidaklah sulit, dapat tumbuh normal pada tanah yang mengandung saline, lessive, kandungan saline pada tanah kira-kira 1,1%. Selain mampu mencegah bencana alam, juga merupakan sumber kayu bakar, pakan ternak dan sumber pendapatan masyarakat setempat, serta memiliki berbagai fungsi seperti minuman dan obat. Buah, daun, kulit seabuckthorn mempunyai panggilan “Raja Vc” karena kaya akan nutrisi, zat aktif dan vitamin lainnya, mengandung 8 jenis asam amino dan 12 jenis elemen yang dibutuhkan oleh tubuh, kandungan vitamin C nya juga lebih tinggi dibandigkan dengan buah-buahan lainnya. Mengandung lebih dari 190 jenis zat aktif biologis, yang setiap nilai gizi nya jauh lebih tinggi dibandingkan ginseng dan sarang burung. Konten asam organik pada seabuckthorn sekitar 2% – 3,5%, di dalamnya terdapat asam malat, asam oksalat, dan asam dll, secara efektif dapat mengurangi kadar racun pada obat barbiturat, antibiotik dan obat-obatan beracun lainnya. Mencegah teratogenik, sinar X, serta kerusakan tubuh akibat oksigen atmosfer dan stress.

Amerika Serikat dan Rusia menggunakan jus dan minyak buah seabuckthorn sebagai makanan tambahan untuk astronot. Jus seabuckthorn juga merupakan minuman sport drink, setelah atlet meminum jus seabuckthorn akan mengalami peningkatan kapasitas paru-paru sebesar 4,2 persen, denyut jantung menurun dari 4% – 3,6%. Minyak seabuckthorn mudah diserap oleh tubuh karena memiliki landungan asam lemak tak jenuh yang mencapai 80% , sehingga mampu mengurangi kolesterol darah dan trigliserida. Pada penelitian medis modern telah dibuktikan bahwa seabuckthorn memiliki efek anti-fatigue, anti-aging, anti-kanker, anti-arteriosklerosis, meningkatkan metabolisme dan efek lainnya.

Related Post


Apa itu Sea Buckthorn ?
Apa itu Sea Buckthorn ?

Seabuckthorn adalah tanaman yang berasal dari 65 juta tahun yang…

Efek Samping Zebakton atau Seabuckthorn
Efek Samping Zebakton atau Seabuckthorn

Sebenarnya tidak ada efek samping dari zebakton yang terbuat dari seabuckthorn…

Sejarah Seabuckthorn di Tibet Mongolia
Sejarah Seabuckthorn di Tibet Mongolia

Seabuckthorn umumnya digunakan sebagai obat sejak zaman kuno Tibet –…

Bukti Keajaiban Seabuckthorn
Bukti Keajaiban Seabuckthorn

Apakah benar Seabuckthorn benar-benar Ajaib dan bermanfaat? Ataukah hanya sebuah…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *